Password Email Berubah Sendiri?

Jakarta - Mengapa alamat email saya (gmail) tiba-tiba berubah password sendiri dan harus mengisi pasword yang baru? Padahal saya tidak pernah mengganti atau mengutak-atik settingan pasword. Apakah email saya dibajak?

Jawaban [Vaksincom] :



Kalau Gmail anda berubah password sendiri harusnya anda jadi tidak bisa mengakses akun Gmail anda, kalau hal ini yang terjadi yang harus anda lakukan adalah Gmail password recovery. Karena anda mengutarakan bahwa anda harus

mengisi password baru maka kami mengasumsikan bahwa anda mendapatkan peringatan dari Gmail bahwa akun anda mendapatkan percobaan aktivitas login yang mencurigakan sehingga anda diminta mengganti password Gmail anda.

Gmail kemungkinan akan meminta anda mengganti password anda jika menemukan aktivitas login yang mencurigakan atau dengan kata lain ada usaha untuk mengakses akun Gmail anda secara tidak sah. Pesan yang muncul adalah :

We've detected suspicious activity on your Google Account. Please create a new password to continue using your account.

Sebenarnya ada beberapa kemungkinan terjadinya aktivitas login mencurigakan, salah satu hal yang sering terjadi adalah jika anda menggunakan aplikasi pihak ketiga yang melakukan login ke akun Gmail adanya tanpa menggunakan standar akses yang aman(secure authentication) atau yang dikenal dengan istilah '0Auth'http://googlecode.blogspot.com/2010/03/oauth-access-to-imapsmtp-in-gmail.html

Sehingga dianggap oleh Gmail sebagai aktivitas mencurigakan karena melakukan login secara berulang tidak dari IP yang biasa anda gunakan. Jika hal ini yang terjadi, demi keamanan anda Vaksincom menyarankan anda untuk memilih aplikasi pihak ke tiga yang sudah diverivikasi oleh Gmail dan menggunakan standar akses yang aman (0Auth).

Kemungkinan lain adalah memang terjadi usaha akses login yang ilegal atau usaha mencuri password Gmail anda. Kalau hal ini terjadi, sebaiknya memang anda melakukan penggantian password dengan kombinasi yang baik. Misalnya merupakan kombinasi dari huruf besar dan kecil + angka + greek letter/tanda baca minimal 8 karakter.

Untuk mengetahui IP yang melakukan log pada akun Gmail anda, anda dapat melakukan langkah sebagai berikut :

1. Buka akun Gmail anda pada peramban dan klik [Inbox]

2. Pada bagian terbawah dari halaman, klik (lihat gambar “detail_log.jpg”)

3. Halaman baru akan terbuka memberikan informasi “Activity Information” (lihat gambar “ip_log.jpg”)

Biasanya hal yang mencurigakan dapat anda lihat dari log dimana terjadi login bukan dari IP yang biasa anda gunakan.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment